• SMA N 3 PURWOREJO

Perlombaan Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari dimana bangsa Indonesia menyatakan dirinya telah merdeka. Di hari kemerdekaan ini kita sebagai penerus harus menyambutnya dengan suka cita, salah satunya yaitu dengan mengadakan perlombaan, tidak hanya sebagai sarana untuk bersenang senang. Namun, diharakan dapat memupu rasa persatuan dan kesatuan.

SMA Negeri 3 Purworejo mengadakan lomba yang diikuti oleh seluruh kelas. Setiap kelas mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba dan pertandingan antara lain pertandingan bola voli yang akan diikuti oleh para siswa dan perlombaan tarik tambang untuk para siswi. Namun, tidak hanya murid-murid, para guru pun mengikuti perlombaan dalam lomba estafet sarung dan estafet kardus.

Rabu pagi 16/8 acara diawali dengan apel pagi untuk pembukaan kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini. Apel pagi ini diikuti para murid.

 

Tidak hanya para murid, guru pun mengikuti apel pagi tersebut.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan tarik tambang yang diikuti oleh para siswi, perlombaan ini disambut dengan antusias oeh seluruh siswa maupun siswi, perlombaan yang sangat menarik ini berlangsung sengit karena kedua pihak jelas tidak ada yang ingin mengalah.

 

Setelah perlombaan tarik tambang selesai, sekarang giliran para guru yang berlomba, perlombaan pertama yaitu lomba estafet sarung yang diikuti oleh para bapak guru. Perlombaan berlangsung menarik dan menyenangkan, tidak terlalu terjadi ketegangan antar guru, terlihat dari ekspresi yang ditampilkan pleh para guru yang mengikuti lomba tersebut khususnya Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Purworejo Bapak Cahyo Winarno, S.Pd., M.Pd yang terlihat sangat menikmati perlombaan estafet sarung tersebut. Hal ini karena perlombaan tersebut ditujukan tidak untuk bersaing tetapi untuk bersenang senang dan mempererat hubungan atar guru di SMA Negeri 3 Purworejo. Namun, walau terkesan santai perlombaan estafet sarung ini tetap sangat layak untuk ditonton.

Jika sebelumnya para bapak guru yang berlomba, kali ini gantian ibu-ibu guru cantik SMA Negeri 3 Purworejo yang berlomba, lomba kali ini yaitu estafet kardus. Perlombaan yang membuat seluruh penonton penasaran lantaran perlombaan estafet kardus ini baru pertama kali diadakan di SMA Negeri 3 Purworejo. Walaupun begitu, para ibu guru dapat langsung memahami aturan dengan mudah dan seperti yang sudah diperkirakan perlombaan berlangsung sangat seru dan sangat menghibur bagi para penonton dan tentunya bagi para guru yang bermain. 

Kegiatan terakhir adalah sebuah pertandingan yang telah dinanti-nantikan yaitu pertandingan bola voli. Pertandingan bola voli diikuti oleh para siswa yang masing masing tim terdiri tidak hanya dari satu kelas, setiap kelas mengirim tiga siswa sebagai perwakilan.

Pertandingan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini sungguh menakjubkan. Pertandingan berlangsung lama lantaran disebabkan oleh tingginya intensitas setiap pemain, pertandingan yang sangat sengit, serta perolehan poin yang selalu kejar kejaran lah yang membuat pertandingan seakan tidak akan pernah berakhir, smash yang ditampilkan sungguh sangat memukau, smash yang dapat menembus pertahanan serta menurunkan mental lawan. Namun, block yang dilakukan sebagai pertahan juga tak kalah memukau, dengan timing yang tetap smash dari lawan menjadi tak berarti, tak jarang arah pantulan bola dari block yang dilakukan gagal diprediksi dan membuat keadaan berbalik.

Karena tingginya intensitas dari setiap pemain menyebabkan deuce menjadi suatu hal yang sering terjadi, bahkan dalam satu pertadingan deuce terjadi tidak hanya satu kali. Walaupun intensitas setiap pemain sangat tinggi pertandingan tetap berlangsung dengan sprotif dan dapat dinikmati tidak hanya oleh para penonton tapi juga para pemain.

Dengan adanya kegiatan seperti ini selain sebagai hiburan diharpkan dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan dari setiap siswa maupun siswi, dengan kata lain sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan kerja sama setiap individu dan dapat menghasilkan generasi muda yang hebat.

  • Hits: 484