• SMA N 3 PURWOREJO

GELAR KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menetapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka pada tanggal 11 Februari 2022 sebagai pengganti kurikulum sebelumnya.


Kurikulum merdeka merupakan Kurikulum yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih pembelajaran sesuai minat dan bakat mereka serta lebih mengasah keterampilan agar siswa lebih kreatif, aktif, dan inovatif. Dalam Kurikulum merdeka terdapat kegiatan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu kegiatan dengan berbagai projek sesuai tema yang ditentukan.


Rabu pagi 27/8 SMA Negeri 3 Purworejo melaksanakan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Merajut Persatuan Dalam Bingkai Kebhinnekaan, untuk kelas 10 dan Selamatkan Bumi Dengan Zero Waste Lifestyle, untuk kelas 11. Kelas 10 menampilkan berbagai pertunjukan dengan tema Kebhinekaan contohnya tari, puisi, teater, dan menyanyi.

 

Sedangkan kelas 11 melaksanakan pameran yang menampilkan hasil dari pengolahan daur ulang sampah serta sabun hand made.

Gelar karya P5 ini diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Cahyo Winarno S. Pd., M. Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Purworejo.

Acara terakhir yaitu flashmob yang diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 3 Purworejo. Seluruh siswa membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu Pelajar Pancasila bersama-sama.

 

Dengan adanya kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini diharapkan seluruh siswa dapat lebih kreatif, aktif, dan inovatif serta mampu mengembangkan berbagai macam ide yang bermanfaat.

  • Hits: 390