• Khusnul Khotimah

Gelaran Seni Ujian Praktik Siswa Kelas XII,  Sukses Digelar

 

Rangga Ermas Styawan

Jum'at 26 Jan 2024 | 07:54 WIB

Purworejo – (25-26/1/2024) SMA Negeri 3 Purworejo mengadakan Pertunjukan Karya Seni dan Kearifan Lokal Budaya Jawa dalam rangka Ujian Praktik mata pelajaran Bahasa Jawa yang berkolaborasi dengan Seni Budaya bagi kelas XII.

Tidak seperti tahun sebelumnya - ujian praktik berupa Pergelaran Budaya Kolaborasi Seni Suara dan Seni Peran -, ujian praktik tahun ini berupa Pameran Lukisan, Penampilan Musik kontemporer, dan praktik pernikahan adat Jawa yang ditampilkan dalam pentas karya seni kolaborasi siswa.

"Kita ditahun ini pengen beda, kalau dulu seni budayanya full seni musik. Tahun ini kolaborasi, dan mungkin kedepannya akan seni rupa lebih dominan di mapel seni budaya. Kalau Bahasa Jawa, karena di materinya ada tentang mantu makannya ambil ujian praktik seperti itu," ujar Kadek Arya selaku guru seni budaya.

Pentas dan ujian praktik kelas XII berlangsung di indoor SMA Negeri 3 Purworejo yang digelar selama 2 hari, yaitu pada tanggal 25 dan 26 Januari 2024. Tak hanya disaksikan oleh siswa kelas 12 yang lain, tetapi pentas ini juga disaksikan oleh wali kelas XII, guru-guru, serta siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 3 Purworejo.

Banyak siswa yang menyaksikan begitu antusias terutama pada praktik pernikahan. Dikarenakan pada penampilan inilah yang begitu memukau banyak penonton. Untuk penampilan pentas karya seni dibagi setiap kelasnya. Penampilan seni musik kontemporer dan praktik pernikahan yakni, pada Kamis (25/01) untuk penampilan musik hanya 3 kelas yang tampil dan praktik pernikahan hanya 4 kelas yang tampil,yang berlangsung dari Jam 07.00 s.d. 15.30 WIB .Sedangkan pada hari Jum'at (26/01) penampilan diberikan untuk 4 kelas lainnya pada seni musik kontemporer dan 3 kelas yang lain untuk praktik pernikahan, yang berlangsung dari pukul 07.00 s.d. 11.15 WIB.

Seluruh karya lukisan siswa kelas XII ditampilkan di Indoor, dengan ukuran lukisan yang cukup besar dan hasilnya yang bagus, menjadikan Indoor SMA Negeri 3 Purworejo semakin indah dan menarik. Ukuran lukisan yang dipilih cukup besar agar orang yang melihat puas akan hasil karya orang tersebut, selain itu tempat untuk mengadakan pameran juga cukup besar.

"Biasanya anggapan pada umumnya, anak sekolah karya lukisnya kecil-kecil, nah ini kita pengen beda. Kita mau pameran beneran, jadi karyanya harus bagus dan hasilnya sangat memuaskan. Lukisannya juga ukuran seperti seniman-seniman pada umumnya, Ini sangat menarik sekali apalagi kita punya tempat yang cukup buat mengadakan pameran," kata Pak kadek (26/01/2024).

Dari pentas karya seni siswa ini diharapkan agar anak-anak dapat menjadi lebih kreatif, lebih berani mengekspresikan diri, dan memahami kearifan lokal daerahnya sendiri.

 

  • Hits: 849