October 22, 2024

Makna Logo Sekolah

Deskripsi lambang :

  1. Bentuk dasar lambang : Perisai bersegi lima
  2. Didalam perisai : Nama SMA
  3. Di dalam perisai dan Nama sekolah : ada obor , sayap burung , pita dan bunga turi lima kelopak.

Arti unsur lambang :

  1. PERISAI SEGI LIMA : Pengabdian bidang Pendidikan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang dapat digunakan sebagai kelengkapan sarana kerja dalam pembinaan jiwa Korps dan motivasi kerja.
  2. OBOR (API) dengan 3 (tiga) lidah bara api : semangat tinggi dan pantang menyerah dari tricivitas akademika / 3 warga sekolah (guru, murid, dan karyawan) dalam belajar, bekerja, berkarya, dan mengabdi
  3. SAYAP BURUNG mengembang masing-masing berjumlah 5 (lima) helai : kehidupan yang berkembang dinamis dan demokratis tetapi tetap berpegang pada nilai-nilai lulur Pancasila dan mengedepankan Persatuan dan Kesatuan.
  4. PITA MELENGKUNG : kreatifitas dan inovasi yang fleksibel seiring tuntutan perkembangan kemajuan jaman.
  5. BUNGA TURI LIMA kelopak : banyak bermanfaat bagi bangsa dan negara.
  6. HURUF / TULISAN “SMA NEGERI” melengkung di atas : identitas sekolah menengah atas yang penuh dengan harapan prestasi tinggi.
  7. ANGKA BILANGAN 3 (TIGA) : identitas sekolah urutan 3 (tiga) dalam suatu wilayah Kabupaten Purworejo.
  8. HURUF/TULISAN “PURWOREJO” : identitas sekolah pada wilayah Kabupaten yang fleksibel dalam belajar, bekerja, berkarya dan mengabdi, selalu saling asah, asih, dan asuh

Warna dan makna :

  1. BIRU : Simbol kekuatan yang ekspresif dan artistik karena sekolah merupakan wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan seni, sekaligus sebagai simbol merangsang kemampuan untuk berkomunikasi.
  2. MERAH pada padma/obor : Sebagai lambang prestasi puncak yang dapat menyinari seluruh keluarga besar SMA Negeri 3 Purworejo.
  3. KUNING : Dengan harapan SMAN 3 Purworejo dapat memberikan energi yang positif bagi seluruh warganya, dan dapat menimbulkan kebahagiaan dan keceriaan dan berperilaku positif.
  4. HITAM : Garis pembatas yang tegas dan jelas apa visi dan missi sekolah.