September 21, 2024

Selayang Pandang Kampus Turi

a. Letak Geografis Sekolah
SMA Negeri 3 Purworejo terletak pada koordinat 7047’11”LS 110000’19”LU dengan ketinggian 24 mdpl dari permukaan laut. SMA Negeri 3 Purworejo merupakan salah satu sekolah di Provinsi Jawa Tengah yang berdekatan dengan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1983 ini menempati lahan seluas 30.000 m2 dengan luas bangunan 4360 m2. Tepat berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tepatnya terletak di Jalan Yogyakarta Km. 8, Desa Keduren, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo. Sekolah ini berada pada daerah berkontur dataran rendah, berjarak sekitar 12 km dari bibir pantai di sebelah selatan dan tidak jauh dengan kawasan perbukitan di sebelah timur. Wilayah lingkungan sekolah didominasi area persawahan dan lahan pertanian.
b. Peserta Didik
Peserta didik SMA Negeri 3 Purworejo berasal dari SMP/Mts Negeri dan swasta yang berdomisili tidak jauh dari sekolah karena sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB, yaitu dari kecamatan Purwodadi, Kecamatan Bagelen, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Kaligesing, dan Kecamatan Purworejo. Selain itu, terdapat peserta didik dari luar daerah yang masuk melalui jalur prestasi sehingga kemampuan dan latar belakang peserta didik sangat beragam baik kemampuan akademik, minat, semangat, dan motivasinya.
Peserta didik SMA Negeri 3 Purworejo pada tahun ajaran sebelumnya terdiri dari 248 siswa kelas X yang terbagi menjadi tujuh rombel/kelas, 248 siswa kelas XI yang terbagi menjadi tujuh rombel/kelas, serta 248 siswa kelas XII yang terbagi menjadi tujuh rombel/kelas, empat rombel/kelas MIPA dan tiga rombel/kelas IPS. Jadi keseluruhan peserta didik SMA Negeri 3 Purworejo sejumlah 744 peserta didik.
c. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
SMA Negeri 3 Purworejo memiliki pendidik sejumlah 47 orang, yang terdiri dari PNS 19 orang, PPPK 17 orang, GTT 3 orang, dan Guru Tamu 8 orang. Pendidikan terakhir pendidik untuk S1 berjumlah 35 orang dan S2 berjumlah 12 orang. Pendidik Profesional di SMA Negeri 3 Purworejo sejumlah 32 orang yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat pendidik. Pendidik yang ada di SMA Negeri 3 Purworejo memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan mengembangkan diri. Adapun untuk Tenaga Kependidikan sebagian besar berpendidikan terakhirnya SLTA.
d. Orang Tua Peserta Didik
Orang tua/wali peserta didik SMA Negeri 3 Purworejo memiliki profesi yang beragam, di antaranya ada yang PNS, TNI/Polri, petani, pedagang, buruh, TKI/TKW, dan profesi lainnya, dengan kondisi ekonomi mayoritas ekonomi menengah. Adapun untuk tingkat pendidkan juga beragam dengan mayoritas lulusan pendidikan menengah. Orangtua/wali peserta didik memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sekolah dengan memberikan dukungan terhadap program-program sekolah.
e. Alumni
SMA Negeri 3 Purworejo telah menghasilkan lulusan 38 angkatan sejak tahun 1986 yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Para lulusan berhasil masuk ke berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, di dalam maupun di luar negeri dan bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan juga swasta. Para alumni ini memiliki kepedulian yang besar baik kepada sekolah maupun kepada adik angkatannya yang masih menjadi peserta didik di sekolah. Terdapat juga beberapa alumni yang kembali ke sekolah untuk mengabdi di sekolah, baik sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan.