EKSTRA KURIKULER

Detail Ekstra Kurikuler

Rohis

         

          ROHIS merupakan organisasi Islam di sekolah yang mengajarkan siswa berorganisasi berdasarkan nilai-nilai Islam. Dalam organisasi ROHIS siswa belajar berorganisasi dan belajar ilmu agama Islam baik secara materi maupun praktik. Siswa dapat belajar secara langsung di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat sehingga para siswa mendapatkan wawasan keagamaan, mandiri, bertanggung jawab, jujur, disiplin, serta dapat belajar bersosialisasi dengan baik di lingkungan masyarakat. Tujuan Organisasi ROHIS:

  1. Untuk meningkatkan iman dan taqwa para siswa
  2. Untuk menampung/ menyalurkan minat dan bakat siswa
  3. Untuk mengembangkan ukhuwah Islamiah
  4. Untuk memupuk dan menumbuhkan sikap jujur serta tanggung jawab
  5. Untuk pendalaman materi Pendidikan Agama Islam baik secara materi maupun praktik
  6. Untuk menumbuhkan jiwa sosial sebagai bekal bagi siswa terjun di masyarakat
  7. Anggota ROHIS SMA N 3 Purworejo

         Anggota ROHIS adalah siswa/ siswi muslim kelas X dan XI SMA N 3 Purworejo yang memiliki minat dan bakat dalam organisasi ROHIS. Sarana dan Prasarana organisasi ROHIS:

1. Ruang kelas, mushola dan lingkungan SMA Negeri 3 Purworejo

2. Al Qur’an dan kitab-kitab yang menunjang

3. Papan tulis dan spidol

4. Sarana dan prasarana lain yang mendukung kegiatan ROHIS

          Pembina/ Pelatih organisasi ROHIS yaitu:

1. Pembina ROHIS adalah Guru Pendidikan Agama Islam yang sudah mendapatkan tugas dari dari Kepala Sekolah

2. Guru Pendidikan Agama Islam/ motivator dari luar sekolah sesuai jadwal program kerja

          Target/ Sasaran Kegiatan:

  1. Siswa dapat berjiwa sosial dengan mengadakan kegiatan di luar sekolah bersama masyarakat
  2. Mengenalkan program kerja dan prestasi Rohis kepada masyarakat
  3. Membawa nama baik sekolah dengan mengadakan lomba musik/ seni Islami tingkat Jateng/ DIY
  4. Siswa dapat mengikuti lomba keagamaan dan menjadi juara ke 1 baik tingkat Kabupaten/ Propinsi

           ROHIS memiliki berbagai kegiatan, yaitu kegiatan mingguan dan kegiatan bulanan.

        Kegiatan mingguan diisi dengan kajian. Sebelum dilaksanakan kegiatan kajian, terlebih dahulu diberikan pengarahan tentang materi yang akan disajikan. Selanjutnya pembina menyampaikan materi dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik di dalam kelas maupun lingkungan SMA N 3 Purworejo. Pembina membimbing siswa melakukan praktik seperti praktik wudhu, praktik sholat, praktik hutbah, dll baik di ruang kelas maupun di lingkungan sekolah. Kegiatan Rutin mingguan yaitu:

  1. Kajian setiap hari rabu pukul 15.30 – 16. 30 WIB dengan materi baca tulis Al Qur’an, Fiqih Ibadah dan Muamalah (penyampaian materi sesuai jadwal).
  2. Sholat dzuhur berjamaah setiap hari dengan mengumandangkan adzan oleh siswa sesuai jadwal.
  3. BBM (Bersih-bersih mushola) setiap hari sabtu dua minggu sekali.
  4. Mading (Setelah selesai melaksanakan proker mabit, sertijab, pemantapan, santunan, tafakur alam, baktisosial, IAM, nyantri di Pondok Pesantren).

           Kegiatan Bulanan yaitu:

          1. Mabit (Mari Bina Iman dan Taqwa)dansosialisasi

Mabit adalah kegiatan pembinaan Iman dan Taqwa yang dilaksanakan di sekolah dengan kegiatan kajian Islami oleh pembicara, sosialisasi organisasi ROHIS serta game dan kegiatan lain untuk menumbuhkan kreatifitas dan ketrampilan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu pagi pukul 07.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB sesuai jadwal. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, menambah wawasan keagamaan dan untuk menumbuhkan keterampilan serta kekompakan para peserta.

Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa siswi SMA N 3 kelas X yang beragama Islam, sedangkan panitia adalah seluruh anggota Rohis kelas XI. Jadwal kegiatan dilaksanakan pada awal semester ganjil menyesuaikan dengan kalender pendidikan. Selanjutnya panitia mabit akan menyampaikan sosialisasi kepada siswa baru tentang kegiatan-kegiatan dan program kerja Rohis satu tahun ke depan serta membagikan brosur pendaftaran ROHIS untuk diisi bagi siswa yang ingin bergabung menjadi anggota Rohis.

        2. Sertijab

Sertijab dilaksanakan untuk pergantian pengurus lama kepada pengurus baru yang dilaksanakan di tahun ajaran baru dengan menyeleksi anggota baru oleh pengurus lama dengan pertimbangan dari Pembina. Setelah terpilih Calon pengurus baru kemudian dilantik oleh Kepala Sekolah dihadiri waka Kesiswaan, Pembina ROHIS, Guru Agama Islam dan seluruh anggota Rohis baik kelas X, XI, maupun XII. Tujuan kegiatan ini untuk memberi kesempatan kepada pengurus baru untuk mengemban amanah organisasi dengan pengesahan dari Kepala sekolah.

       3. Santunan Anak Yatim

Santunan anak yatim dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan serta rasa kasih sayang terhadap anak yatim. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial peserta didik khususnya para anggota ROHIS.

       4. Tafakur alam

Tafakur alam dilaksanakan di desa wisata yang berada di Kabupaten purworejo untuk mengenalkan alam ciptaan Allah SWT yang sangat indah kepada para peserta sehingga dapat menunjukkan bahwa Allah maha Besar, maha Indah, maha Sempurna dan maha Kuasa. Dengan demikian dapat meningkatkan iman dan taqwa para anggota Rohis. Dalam kegiatan ini peserta Rohis melakukan outbond untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan kreatifitas serta keterampilan di lingkungan alam yang indah. Selanjutnya Rohis mengundang motivator untuk meningkatkan wawasan keagamaan dan motivasi para siswa agar semangat belajar.

Tafakur alam dapat berupa kegiatan ziarah mengunjungi makam parawali, para pejuang Islam dan para ulama sebagai wujud penghormatan kepada jasa para pahlawan Islam serta sebagai wujud taqwa kepada Allah dengan saling mendoakan baik kepada saudara muslim yang masih hidup maupun  saudara muslim yang sudah wafat. Tujuan kegiatan ini:

  1. Dapat mendekatkan diri kepada Allah, mengenal sifat-sifat-Nya, serta nama-nama-Nya
  2. Dapat menumbuhkan rasa cinta seorang hamba kepada Sang Khalik
  3. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  4. Dapat lebih menghargai dan mencintai alam
  5. Mengembangkan keterampilan dan kreatifitas melalui outbound dan juga pensi
  6. Meningkatkan hubungan sosial baik dengan guru, masyarakat, maupun antar anggota Rohis
  7. Mengenal para Ulama dan pejuang Islam serta menambah wawasan sejarah para pejuang Islam

       5. Bakti Sosial

Bakti sosial merupakan kegiatan sosial memberikan bantuan berupa dana maupun barang kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dana diambilkan dari Infaq Jum’at atau para donatur yang disalurkan oleh Rohis SMA N 3. Tujuan kegiatan ini untuk melatih siswa anggota Rohis agar dapat berinteraksi dengan masyarakat serta mendidik para anggota Rohis untuk menjadi orang yang bermanfaat dan peduli kepada sesama manusia.

       6. IAM (Islamic Art and Motivation)

IAM (Islamic Art and Motivation) merupakan kegiatan terbesar dalam program kerja Rohis SMA N 3 Purworejo. Kegiatan ini melibatkan peserta dan pembicara dari sekolah lain yang berasal dari wilayah Purworejo, KEDU, dan DIY. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai jadwal pada waktu pagi sampai sore hari dengan mengadakan lomba musik Islami hadroh dan Nasyid serta mengundang motivator yang berpengalaman dan berwawasan Agama yang luas untuk memberikan motivasi/ semangat peserta dalam menuntut Ilmu. Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan uhuwah Islamiah
  2. Menambah wawasan keagamaan
  3. Menumbuhkan motivasi remaja Purworejo dalam belajar dan berkreativitas
  4. Membawa nama baik sekolah dibidang seni musik Islami
  5. Mengembangkan dunia seni antar pelajar tingkat Jateng DIY khusunya di Purworejo

      7. Silaturahim ke PondokPesantren

Silaturahim ke pondok pesantren bertujuan agar para anggota Rohis dapat merasakan sebagai santri sehingga dapat menumbuhkan jiwa santri kepada para siswa tersebut. Selanjutnya para anggota Rohis dapat belajar agama secara langsung di dalam pondok pesantren dimana para santri diajarkan untuk selalu taat kepada Alloh, Rosul serta kepada para orang tua dan Guru. Hal ini sangat penting karena pada era modern seperti sekarang ini banyak sekali orang pandai tetapi tidak taat kepada Alloh, Rosul maupun orang tua sehingga banyak terjadi penipuan, korupsi, penganiayaan, pembunuhan, dll sehingga dalam kegiatan ini diharapkan para siswa mempunyai wawasan yang luas serta ahlak yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi Pondok Pesantren yang sudah berpengalaman dalam pendidikan keagamaan yaitu pesantren yang berada di kabupaten Purworejo dan sekitarnya.

      8. Buletin

Buletin dilaksanakan satu tahun sekali sesuai jadwal dengan tujuan melatih siswa agar dapat menulis serta mengembangkan bakat dan kreatifitasnya dalam bidang tulis menulis. Bahan untuk menyusun buletin diambil dari semua program kerja dan kegiatan rohis selama satu tahun serta materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.