EKSTRA KURIKULER

Detail Ekstra Kurikuler

Pencak Silat

Pencak silat sebagai olahraga beladiri,besar manfaat dalam pembentukan kepribadian. Didalam dunia pencak silat terdapat filosofis pencak silat “ILMU PADI” diartikan bahwa semakin tinggi ilmu yang dimiliki oleh pesilat, maka ia akan selalu merunduk. Pencak silat merupakan salah satu karakteristik budaya dan cerminan perilaku kehidupan bangsa Indonesia peninggalan nenek moyang yang bersifat turun temurun dan perlu untuk dilestarikan serta disebarluaskan keberadaanya. Hal ini dibuktikan dengan cara alamiah manusia untuk membela diri guna mempertahankan hidup dari segala bentuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi alam sekitarnya. Pencak silat berkembang dari zaman prasejarah sampai pada zaman setelah kemerdekaan.

 Dalam kegiatan pengembangan diri ekstrakurikuler pencak silat siswa diajarkan mengenai aspek mental-spiritual, beladiri, seni, dan olahraga. Semua aspek tersebut dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik karena dalam beladiri pencak silat menekankan pada pendidikan falsafah budi pekerti luhur, sehingga siswa yang merupakan makhluk sosial dan makhluk individu wajib untuk memiliki kepribadian yang luhur, seperti sifat teguh dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepribadian yang terpuji, rendah hati, saling menjaga tali persaudaraan, bertanggung jawab, jujur, sportif, saling menghormati sesama manusia terutama orang tua dan guru, mempunyai kepedulian sosial, memiliki sopan santun dan tata krama dalam berbicara dalam pergaulan sehari-hari.

Berangkat dari banyaknya manfaat yang di dapat dari pencak silat, SMA N 3 Purworejo berusaha memberikan wadah untuk para siswa siswi dalam mengembangkan potensinya dibidang non akademik terutama dalam seni beladiri dengan mengadakan ekstrakurikuler pencak silat.